Saat membaca jadwal kuliah tentang mata kuliah Pengantar Teknologi Game saya merasa tertarik dengan mata kuliah ini. Siapa sih yang ga suka main game?. Memang sih mata kuliah ini bukan mengajarkan bagaimana bermain game yang baik,namun yang menarik adalah bagaimana kita menggali pengetahuan kita tentang game. Dan kali ini tugas mata kuliah Pengantar Teknologi Game yang merupakan mata kuliah softskill ini menugaskan membuat artikel tentang interaksi team pada pembuatan game.
Memainkan berbagai macam game memang mudah dan menyenangkan. Berbagai macam game yang menantang dan menghibur memang digemari para pecinta game. Namun,pernah ga sih memikirkan tentang pembuatan game?. Pembuatan game ga segampang yang kita pikirkan dang ga segampang juga seperti saat kita memainkannya. Butuh team kerja yang solid,tenanga tenaga terbaik dibidangnya agar game yang dihasilkan menarik. Contohnya Game Real-time Strategy (RTS) besutan Blitzzard, StarCraft II harus menunggu selama 12 tahun untuk dirilis dari game StarCraft pertama. Entah pembuatannya benar benar 12 tahun atau kurang dari 12 tahun,yang jelas game ini benar benar dipersiapkan sebaik mungkin untuk para pecinta game. Sejak rilis pertama kali game StarCraft yang berbasis real time strategy pada tahun 1998 sampai saat ini telah dimainkan oleh banyak gamers diseluruh dunia. Bahkan peluncuran StarCraft II dapat memecahkan rekor penjualan sepanjang masa (untuk genre RTS) dalam hitungan hari sejak peluncurannya di akhir Juli tahun 2010. LUAR BIASA!!!. Team kerja yang solid menjadi kunci keberhasilan pembuatan game ini.
Dibalik game yang seru dan mengasyikan terdapat orang orang yang memiliki pengaruh besar pada suatu team diantaranya programmer,game designer,artist dan composer. Berikut sekilas tentang tugas tugas orang dibalik pembuatan game:
- PROGRAMMER
Pada pembuatan game penugasan programming bukan yang utama,melainkan vital. Tugas programmer disini adalah membuat program berdasarkan software yang digunakan pada pembuatan game.
- GAME DESIGNER
Tugas game designer disini ga sembarangan,tugasnya adalah membuat alur cerita,membuat gambaran tentang karakter karakter yang cocok pada game ini,membuat peraturan peraturan pada game yang tujuannya jelas ga asal asalan lari sana lari sini terus bisa menang. Benar benar harus dipikirkan dengan serius!.
- ARTIST
Game designer akan bekerja sama dengan artist yang mempunyai tugas membuat tampilan game sesuai ilustrasi game designer,membuat animasi dari game yang akan dibuat,mencocokan gambar yang akan dibuat dari karakter yang telah dibuat game designer ,ga sembarangan gambar gambar seenaknya tetapi harus benar benar dikerjakan secara detail.
- COMPOSER
Selanjutnya adalah composer,tanpa composer game akan terdengar sepi. Ga enak banget kan kalo game sepi,sunyi,senyap?. Tugas composer disini adalah membuat musik,suara/lagu/nada yang sesuai dengan keadaan permainan,contohnya saat suasana sedang seru serunya misalnya saat naik level,composer akan membuat musik yang terdengar menegangkan atau lebih bersemangat sehinggaa permainan lebih terasa gregetnya. Disini composer harus bekerja sama dengan game designer untuk menentukan music yang tepat dengan alur cerita pada game.
Tugas tugas orang yang berada di balik game saling berkaitan satu sama lain dalam suatu team. Mereka saling melengkapi satu sama lain demi menghasilkan sebuah game terbaik. Ada baiknya kita bukan hanya bisa memainkan game-game yang ada,tetapi mempelajari lebih mendalam tentang pembuatan game bahkan membuat game sendiri sendiri lebih baik dan menguntungkan.
sumber :
http://leapon.net/id/buat-game-yuk?page=3
http://www.klikgame.com/article/view/194/10
0 komentar:
Posting Komentar